Cara Melatih Kecepatan

Dalam olah raga basket, seorang pemain basket harus memiliki kecepatan untuk dapat bermain basket dengan baik. Biasanya, pemain yang tercepat dan terlincah akan menjadi yang terbaik. Akan tetapi, kecepatan dan kelincahan seperti apa yang dibutuhkan dalam olah raga bola basket?

Untuk olah raga basket, kecepatan yang dibutuhkan bukan hanya dapat lari sprint sekencang-kencangnya, akan tetapi lebih berfokus kepada kecepatan reaksi suatu pemain untuk bergerak dari satu posisi berlari ke yang lainnya. Contohnya, sprint lalu berlari mundur, berlari zig-zag, atau shuffle (berlari miring). Seorang pemain basket harus dapat bereaksi secara cepat sesuai kondisi di lapangan.

Gerakan Sprint

Lalu bagaimana untuk dapat secara efektif mencapai kecepatan yang dibutuhkan tersebut? Berikut tips yang bisa anda lakukan untuk mencapainya.

  • Tingkatkan Kekuatan Otot Anda
    Sebelum kecepatan ditingkatkan, seorang atlit harus mempunyai kekuatan otot yang dibutuhkan. Ini seperti mencoba menyetir mobil 100 km/jam dengan mesin go-cart (konyol bukan?). Study telah menunjukkan bahwa latihan beban dapat membantu meningkatkan kecepatan. Kita tidak berbicara mengenai latihan beban untuk membentuk otot yang besar disini. Melainkan untuk membentuk otot yang kuat sehingga mampu mensupport kecepatan yang ingin anda capai.

Latihan beban yang bisa anda lakukan adalah latihan untuk kekuatan kaki, (paha, betis, hamstring). Contoh latihan beban yang bisa anda lakukan adalah : calf raises, squats, leg curls and extensions. Sedangkan untuk bagian atas (upper body) adalah dumbbell raises, dumbbell press, seated row, shoulder raises, bicep curls, dan triceps extensions. Untuk core muscle (perut dan punggung) bisa melatihnya dengan sit up, stability ball crunches, oblique rotations, dan back extentions. Latihan-latihan ini bisa membantu anda untuk meningkatkan kekuatan guna mensupport kecepatan yang ingin anda raih.

  • Berlatih Akselerasi
    Akselerasi adalah kemampuan untuk meningkatkan kecepatan/velocity. Intinya adalah seberapa cepat anda dapat menambah kecepatan anda, misal dari start ke full speed. Mungkin ini adalah intinya ketika kita berbicara mengenai kecepatan bermain basket. Mengapa demikian? karena kita berbicara mengenai seberapa cepat seorang pemain basket menambah kecepatannya ketika dia harus berlari dari satu posisi ke posisi lainnya.

 

Ketika kita berbicara akselerasi, sangatlah penting untuk mengetahui posisi tubuh yang benar untuk meningkatkan kecepatan. Belajarlah cara footwork, cara mengayunkan lengan ketika berlari, dan mengetahui bagaimana posisi kemiringan tubuh ketika berlari. Hal-hal ini mungkin terdengar simple, akan tetapi, ketika latihan-latihan tersebut sangat penting untuk membantu anda melatih akselerasi.

  • Berlatih Gerakan Perlambatan (Deceleration)
    Berlatih kecepatan tanpa melatih perlambatan adalah seperti mengendarai mobil tanpa rem. Pemain basket butuh kecepatan dan kelincahan yang terkontrol. Contohnya, ketika seorang pemain ingin melakukan lay up, sebaiknya ia melambatkan lajunya sehinggi tembakannya bisa terkontrol dan mencegahnya dari cedera.

 

Mungkin banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih ‘deceleration’. Akan tetapi, secara umum, caranya adalah posisikan lutut anda untuk tertekuk ketika melakukan gerakan ‘deceleration’. Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan kontrol dan mencegah cidera.

Sumber ; ihoops.com

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someone