Cara Memaksimalkan Waktu Latihan

LeBron+James+Oklahoma+City+Thunder+v+Miami+lCbof1RplxFl

Tips berikut ini dapat membantu anda memaksimalkan waktu latihan anda yang terbatas. Waktu merupakan hal yang sangat berharga. Sayangnya, tidak semua atlit dapat menghabiskan berjam-jam di gym untuk berlatih.

Oleh karena itu, mungkin artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang tidak mempunyai waktu banyak untuk berlatih.

Skill dan Fisik

Kemampuan fisik merupakan salah satu bagian penting untuk menjadi pemain basket yang handal. Ada banyak cara untuk meraih kemampuan fisik yang maksimal. Beberapa atlit ada yang menggunakan skipping, lari berkilo-kilo sambil membawa beban, dll.

Namun, meskipun latihan tersebut memang bisa meningkatkan kemampuan fisik anda, semua hal tersebut memerlukan waktu. Sayangnya, banyak pemain yang terlalu fokus meningkatkan kemampuan fisik mereka dibandingkan melatih skill bermain basket mereka. Oleh karena itu, pemain basket harus bisa memanfaatkan waktu seefisien mungkin untuk meningkatkan kemampuan fisik dan skill bermain mereka.

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan tetap memegang bola basket ketika kita melatih kemampuan fisik kita. Contohnya ketika kita melatih footwork latihlah tangan kita untuk melakukan ball handling untuk dapat secara bersamaan melatih fisik dan skill kita. Kita juga bisa melakukan shoot sesaat sesudah melatih footwork. Contoh lain juga kita bisa melakukan push up sambil memegang bola basket. Dengan melakukan latihan-latihan tersebut anda dapat secara efisien meningkatkan kemampuan fisik dan skill bermain basket anda.

Free Throw

Ketika kita melatih tembakan free throw, kondisikan diri anda sama seperti ketika bertanding. Fisik yang terkuras, konsentrasi yang mulai hilang, keringat yang bercucuran, dll. Dengan mengkondisikan diri anda seperti saat bertanding tubuh anda akan terbiasa dengan kondisi tersebut. Sehingga, ketika anda bertemu kondisi yang sama ketika bertanding, hal tersebut tidak akan menjadi masalah buat anda.

Banyak cara untuk mencapai kondisi seperti saat bertanding ketika berlatih. Contohnya adalah dengan melakukan lari suicide, sprint beberapa kali, pushup, sit up, dll. Variasikan dan  berkreasilah ketika berlatih, tantang diri anda.

Sumber : ihoops.com

FacebookTwitterGoogle+Email